9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Biografi Sa’id bin Zeid bin Amar bin Nufail Al-Adwi

 

    Nama lengkapnya adalah Sa’id bin Zeid bin Amar bin Nufail Al-Adwi. Kunyahnya adalah abu Al-A’war, beliau merupakan shahabat Nabi SAW, beliau juga adalah keponakannya Sayyidina Umar bin Al-Khatab, anak dari saudara perempuan yang bernama Fathimah bin Al- khatab. Beliau lahir di Madinah dan beliau tinggal di Syam dan di Madinah dan wafat di Madinah pada tahun 50 H dimasa ke khalifahan mu’awiyah. Beliau memiliki nasab Al-Quraisy, Al-Adwi, Al-Madany.

 

    Beliau adalah salah satu dari sepuluh orang yang dipastikan masuk surga oleh Rasulullah SAW. Dan beliau orang yang pernah dipukul Rasulullah dengan busur panahnya diperang Badar. 

 

    Beliau mempunyai guru-guru diantaranya adalah Sayyidina Umar bin Khatab dan Sa’ad  bin Abi Waqash. Dan murid-muridnya adalah Abu Bakr bin Sulaiman Al-Adwi, Abu Bakr bin Amr Al-Anshory, Asma binti Sa’id Al-Adwiyah, Ibrahim bin Muhammad Al-qursyi, dan lain-lain. Dan diantara orang yang mengambil hadits dari beliau Abdullah bin Umar bin Al-Khatab, Thalhah bin Abdullah bin ‘Auf, humaid bin Abdurrahman bin ‘Auf, dan lain-lain. Beliau berada dithobaqot pertama.

Post a Comment

Post a Comment