9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Biografi Syuybah bin Al-Hajjaj Al-warid

 

    Nama lengkapnya adalah Syuy’bah bin Al-Hajjaj Al-warid masyhurnya adalah Syuy’bah bin Al-Hajjaj Al-warid Al-Anky Al-Azdy  dengan kunyahnya Abu Basthom. Beliau mempunyai nasab Al-warid Al-Anky Al-Azdy  Al-Bashry. Beliau lahir di Bashrah pada tahun  83 H dan wafat di Bashrah ditahun 160 H, beliau wafat diumurnya ke 77 tahun. Berkata Ka’nab bin Muharrar  bahwasanya beliau ini adalah budaknya Al-Jahhadhom yang dimerdekakan.

 

    Beliau mempunayai guru diantaranya adalah Abu Basyir Assyamy, Abu Mua’mmil Assyamy, Abu Dhahak, Abu Bakr bin Abi Jahm Al-Adwi, dan lain-lain. Dan beliau mempunyai murid-murid diantarnya  adalah Abu Jariyah Al-abdi, Abu Bakr bin Abi Nadhar, Ahmad bin Abi Roja’ Al-Haruwy, dan lain-lain. Beliau meriwayatkan hadist dari Ibrahim bin ‘Amir bin Mas’ud Al-Jamhy, Aban bin Taghlib, Ibrahim bin Muhammad Almuntasyir, Ibrahim bin Muslim Al-Hajry, dan lain-lain. Dan orang yang meriwayatkan hadist dari beliau diantaranya adalah Ibrahim bin Sa’ad Azzuhry, Ibrahim bin Mukhtar Arrazy, Ibrahim bin Thahman, Asad bin Musa, dan lain-lain.

 

    Beliau berada ditingkatan thobaqat ke 7, dan para ‘ulama Muhadditsin mengatakan beliau ini bahwasnya derajat periwayatannya adalah Tsiqah. Ibn Dahkiyyah mengatakan bahwasanya ulama zaman itu bersepakat beliau ini adalah orang yang ‘adil dan kokohnya dalam ilmu agamanya.

Post a Comment

Post a Comment