9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Biografi Waki bin Al-jarh bin Malih bin ‘Adi bin Farsy bin Jamjamah

 

    Nama lengkapnya adalah Waki’ bin Al-jarh bin Malih bin ‘Adi bin Farsy bin Jamjamah bin Sufyan bin ‘Amar Aarru’asi, kunyahnya adalah Abu Sufyan, dan beliau dikenal dengan nama Waki’ Arrua’si. Beliau bernasab Arru’si dan Alkufy, beliau lahir pada tahun 128 H di kufah ada juga yang mengatakan beliau dilahirakan di Ashfahani disebuah kampung yang bernama Ubbat. Beliau wafat ditahun 196 H pada umur beliau yang ke 68, diMekkah dan waktu bertepatan hari ‘Asyura.

 

    Beliau mempunyai guru-guru diantaranya adalah Abu Sufyan bin ‘Ala, Abban bin Sum’ah Al-Anshory, Abban bin Abdullah Al-Bajjali, Abban bin Yazid Al-‘Atthor, Abu Bakr bin ‘Iyas Al-Asady, dan lain-lain. Dan beliau punya murid-murid diantaranya adalah Ahmad bin Ibrahim Addaurqy, Ahmad bin Bakaar Al-Qursy, Ahmad bin Munzir Al-Qazzaz, Ahmad bin Abi Syu’aib, an lain-lain. Beliau meriwayatkan hadist kepada Abban bin Shum’ah, Abban bin Abdullah Al-Bajjali, Abban bin Yazid Al-‘Athor, Ibrahim bin Isma’il bin Mujmi’ Al-Ansory. Dan orang yang meriwayatkan hadits dari beliau Ibrahim bin Sa’id Al-Jauhari, Ibrahim bin Abdullah Al-Kufy, Ibrahim bin Musa Arrazi, Abu Abdurrahman Ahmad bin Ja’far Al-Waki’i, dan lain-lain.

 

    Beliau berada ditingkatan thobaqot ke 9, dan para ulama’ Jarh watta’dil bersepakat bahwasanya beliau ini dalam derajat periwayatannya adalah tsiqah.  Berkata Ibn Hajjar Al-Asqolani bahwasanya beliau ini adalah seorang yang hafidz , ‘Abid , an tsiqah. 

Post a Comment

Post a Comment