9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

 Tangan di atas lebih baik dari tangan dibawah


      Tangan di atas lebih baik dari tangan dibawah, Kita mungkin sering sudah mendengar peribahasa ini, Peribahasa tersebut menjelaskan tentang lebih baik kita memberi di banding kita meminta-minta,


      Karena meminta-minta itu adalah suatu perbuatan yang tidak disenangi oleh nabi kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, kalau kita lihat betapa banyak orang yang meminta-minta itu badannya masih kuat, masih segar yang mana Kalau bekerja itu bisa untuk mencari nafkah, beda lagi kalau orang yang memang tak mampu.


     Peribahasa Tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah ini diambil daripada hadisnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ketika beliau di atas mimbar:



     أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ وَهُوَ يَذْكُرُ الصَّدَقَةَ وَالتَّعَفُّفَ عَنْ الْمَسْأَلَةِ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَالْيَدُ الْعُلْيَا الْمُنْفِقَةُ وَالسُّفْلَى السَّائِلَةُ. (shohih muslim no 1715)


     Artinya: Rasulullah ﷺ bersabda di atas mimbar, beliau menyebut tentang sedekah dan menahan diri dari meminta-minta. Sabda beliau, "Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah tangan pemberi sementara tangan yang di bawah adalah tangan peminta-minta.


Post a Comment

Post a Comment