9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

7 adab untuk penuntut ilmu

 


     Ilmu adalah sesuatu yang sangat mulia, karena dapat meninggikan derajat bagi orang yang memilikinya , tetapi , ilmu pengetahuan, kehebatan seorang guru dan murid, tidak akan bermakna tanpa dihiasi dengan adab, Imam Malik ra pernah berkata : “Dulu ibuku menyuruhku untuk duduk bermajelis dengan  Robi,ah Ibnu Abi’Abdirrahman seorang faqih di kota Madinah dimasanya , ibuku berkata : “pelajarilah adab darinya sebelum mengambil ilmunya .” karena itu penting sekali belajar adab sebelum kita belajar ilmu, supaya ilmu kita berkah dan dapat kita ke pintu kesuksesan, berikut ini ada sepuluh adab yang harus kita kerjakan sebelum kita belajar ilmu kepada guru kita:


1. Membersihkan hati dari perilaku hina dan dari sifat tercela.

2. Mengurangi kesibukan duniawi dan jauh dari keluarga dan tempat tinggal.

3. Dilarang bersikap sombong , dan menyuruh-nyuruh gurunya, dan juga harus menyerahkan segala urusannya kepada gurunya serta menaati apa yang diperintahkan oleh gurunya.

4. Pelajar yang baru belajar ilmu agar menghindari dari mendengarkan perbeda-bedaan pendapat, baik itu dalam urusan dunia atau pun urusan akhirat,  supaya akalnya tidak kebingungan, dan tidak putus asa.

5. Tidak pindah ke ilmu yang lain, sebelum menguasai ilmu yang ia pelajari, dengan tujuan dia bisa memahami pelajaran berikutnya.

6. Tidak mengkaji ilmu secara sekaligus, tetapi memulainya dengan mempelajari yang terpenting.

7. Tujuan belajar adalah dengan niat mencapai ridhonya Allah Swt dan mendekatkan diri kepadanya.

Post a Comment

Post a Comment