9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Majelis Istiqamah - Ustad Saipullah - Ilung Pasar Lama, Barabai, Kalsel


     Majelis Ta’limIstiqamah merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada di Desa Ilung Pasar Lama, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dengan batas-batas wilayah majelis ta’lim sebagai berikut:


-Sebelah utara berbatasan dengan jalan raya.

-Sebelah timur berbatasan dengan rumah warga.

-Sebelah selatan berbatasan dengan hutan.

-Sebelah barat berbatasan dengan rumah warga.


Sejarah Singkat Berdiri dan Tujuan Majelis Ta’lim Istiqamah.

     Majelis Ta’lim Istiqamah berawal dari sebuah pengajian sederhana yang dirintis pada tahun 2005 oleh seorang ustadz yang bernama Saipullah. Majelis Ta’lim ini awalnya hanya mengadakan pengajian biasa saja, bertempat di Mushalla Istiqamah.


     Setelah pengajian tersebut berlangsung selama beberapa bulan, maka timbul gagasan dari pihak keluarga untuk mendirikan pengajian khusus yakni majelis ta’lim. Pada tahun yang sama, didirikanlah Majelis Ta’lim Istiqamah. Latar belakang didirikannya majelis ta’lim ini ialah karena masyarakat disekitar Majelis Ta’lim Istiqamah sebagian hanya menjalani pendidikan umum saja dan juga ada sebagian remaja yang putus sekolah. 



     Hal ini mendorong perintis untuk memberi perhatian kepada masyarakat dan para remaja tersebut agar memiliki pengetahuan agama yang luas.


Materi dan Metode yang Digunakan.

     Materi yang diajarkan di Majelis Ta’lim Istiqamah, antara lain:

a) Ilmu Fiqih

b) Ilmu Tauhid

c) Ilmu Tasawwuf

Kitab-kitab yang diajarkan adalah kitab yang bertuliskan Arab Melayu dan kitab kuning, seperti kitab Dhiyauddinul Islami, Futuhul ‘Arifin, dan kitab Mengenal Asma’ul Husna, yang semuanya merupakan milik Majelis Ta’lim Istiqamah. 


     Pengajian di laksanakan pada jam 16.00 sampai 17.00 setiap hari Sabtu


Kegiatan-Kegiatan Majelis Ta’lim Istiqamah.

     Selain dari kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggunya, majelis ta’lim ini juga mempunyai berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan jama’ah, antara lain:


     Memperingati hari-hari besar Islam yang secara rutin dilaksanakan, yaitu: peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, peringatan tahun baru Islam. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar memotivasi masyarakat untuk lebih bersemangat dalam penyebaran syiar dakwah Islam di Desa Ilung Pasar Lama.

Post a Comment

Post a Comment