9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Nasehat KH.Hasyim Asy’ari - tiga hal penyebab rusaknya Islam

 


     KH.Hasyim Asy’ari dalam kitab Risalah Ahlusunnah Waljama’ah, meriwayatkan sebuat Atsar dari Ziyan Bin Hudair, tabi,in muridnya Sayyidina Umar ra, Ziyad Bin Hudair berkata, Sayyidina Umar ra berkata kepadaku, “tahukah kamu apa yang  menyebabkan islam hancur?’ aku menjawab ,tidak, Sayyidina Umar berkata , “yang menghancurkan islam adalah kesalahan orang alim, perdebatan orang munafiq menggunakan Al Qur’an, dan hukum dari pemimpin-pemimpin yang menyesatkan.


1. Kesalahan ahli ilmu  : kesalahan orang yang memiliki ilmu berdampak sangat besar bagi pengikutnya , berbeda dengan kesalahan orang awam,satu kesalahan ahli ilmu bisa menjadi dalil dan contoh bagi ummatnya, semakin banyak yang mengikutinya semakin banyak pula  kesesatan yang terjadi, imam Ghozali mengibaratkan seorang ulama seperti perahu, jika perahu tersebut bocor  maka seisi perahu akan tenggelam.

2. Perdebatan orang menggunakan Al Qur’an : hal ini di contohkan dengan kaum liberal, yang membuat dalil-dalil baru dengan Al Qur,an yang tidak sesuai dengan syariat, seperti pendapat kaum liberal  yang mengatakan bahwa haji bisa dilakukan di luar bulan Dzulhijjah, dan mereka juga mengatakan bahawa Al Qur,an boleh di nasakh ketika tidak sesuai akal.

3. Hukum dari pemimpin yang menyesatkan : keputusan hukum dari pemimpin yang zholim yang tidak sesuai dengan syari’at. 


Di sadur dari kitab Risalah Ahlusunnah Waljama,ah

Medas /Edisi 43.

Post a Comment

Post a Comment