9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sejarah berdirinya Nu di kota Martapura

 


     Sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama di Kota Martapura tidak lepas dari nama Kh. Abdul Qodir Hasan, yang pernah menjabat sebagai pimpinan pondok pesantren Darussalam Martapura di periode yang ke empat.


     Kh. Abdul Qodir Hasan, adalah salah satu murid yang sangat disayang oleh Kyai Haji Hasyim Asy'ari, beliaulah yang dipercaya pertama kali untuk membawa Nu ke luar pulau jawa yaitu ke Martapura Kalimantan Selatan.


     Setelah mengikuti Muktamar NU yang diadakan di Kota Surabaya pada 21 Oktober 1926 M, maka Kh. Abdul Qodir Hasan diberi kepercayaan untuk membuat cabang NU di Kota Martapura Kalsel, disinilah beliau mulai aktif untuk mengurus dan melantik cabang-cabang NU di pulau Kalimantan, di dalam agendanya Beliau juga melaksanakan bahsul Masail yang diadakan setiap bulannya di Ponpes Darussalam, pada acara tersebut dibahas berbagai macam permasalahan masyarakat dan acara pun diakhiri dengan pembacaan tahlil.


     Sebagai ketua Rais syuriah NU Kalimantan, Kh. Abdul Qodir Hasan memiliki jasa yang sangat besar untuk perkembangan NU di pulau Kalimantan, karena bisa menyatukan para ulama-ulama di tanah Kalimantan, memberikan semangat juang kepada para Gerilya di masa terjadinya usaha Belanda untuk kembali menyerang Indonesia.

Post a Comment

Post a Comment