9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Manaqib Kh. Ahmad Ridwan Bin Kh. Ahmad Dahlan - Lok Bangkai, Amuntai, Kalsel


     Kh. Ahmad Ridwan Bin Kh. Ahmad Dahlan, dilahirkan di kota Amuntai - Kalsel, pada 12-07-1946 M, ayah beliau bernama Kh. Ahmad Dahlan sedangkan ibunya adalah Hajjah. Muntiara, yang garis nasabnya bersambung kepada Syekh Arsyad Al Banjari.

     Kh. Ahmad Ridwan Bin Kh. Ahmad Dahlan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Guru Lok Bangkai, memulai perjalanannya menuntut ilmu dari sekolah rakyat (SR), selanjutnya beliau melanjutkan menuntut ilmu agama di sekolahan pondok pesantren rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, dan meneruskan menuntut ilmu agama ke pondok pesantren Darussalam Martapura, sampai menyelesaikannya.

     Ketika masih sekolah di pondok pesantren Darussalam Martapura, disitulah beliau aktif belajar kepada ulama-ulama besar, salah satunya adalah Syekh Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul, Syekh Zaini lah yang memberikan beliau banyak ijazah, amalan-amalan serta thoriqot untuk menuju ke jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

     Kh. Ahmad Ridwan, meninggal dunia di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin, pada tanggal 05-12-1998 M, dan dibawa ke Martapura untuk dimandikan dan disholati, yang dipimpin langsung oleh Tuan Guru Sekumpul.

     Setelah selesai disholatkan di Martapura, jasad beliau dibawa ke lok bangkai untuk dikuburkan di sana tepatnya di Lok Bangkai, Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

     Hingga sekarang peringatan Akbar haul Kh. Ahmad Ridwan selalu diadakan setiap tahunnya di bulan Sya'ban bertempat di Majelis Al ikhwan lok bangkai Amuntai.


Post a Comment

Post a Comment