9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Taqwa - Hadits dan 7 ke utamaan orang Bertaqwa


قيل يا رسول الله أي الناس أفضل فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم مؤمن يجاهد في سبيل الله بنفسه وماله قالوا ثم من قال مؤمن في شعب من الشعاب يتقي الله ويدع الناس من شره.


     Artinya: Ditanyakan kepada Rasulullah, "Siapakah manusia yang paling utama?" Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Seorang mu'min yang berjihad di jalan Allah dengan jiwa dan hartanya." Mereka bertanya lagi: "Kemudian siapa lagi?" Beliau menjawab: "Seorang mu'min yang tinggal diantara bukit dari suatu pegunungan dengan bertaqwa kepada Allah dan meninggalkan manusia dari keburukannya."


  “Taqwa”   adalah wasiat Allah Swt pemilik semesta alam bagi orang orang terdahulu dan juga orang-orang yang sekarang sebagaimana firman Allah Swt : Dan sungguh kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab suci sebelum kamu dan (juga) kepadamu agar bertaqwa kepada Allah Swt”( An-nisa’ ayat 131). 



     Tidak ada kebaikan dunia ataupun akhirat kecuali taqwalah jalan yang bisa menyampaikan kita kepadanya, dan tidaklah keburukan dunia ataupun akhirat, zhohir ataupun batin kecuali taqwalah yang bisa melindungi kita darinya karena taqwa adalah benteng yang kukuh.


     Dan berapa banyak Allah Swt mengaitkan kebaikan yang besar  didalam kitabnya yang mulia dengan taqwa , berikut adalah beberapa  manfaat taqwa yang di jelaskan oleh Imam Abdullah Al Haddad di dalam kitab beliau, Nashaihuddiniyyah :


1. Selalu di sertai oleh Allah Swt dan mendapat perlindungannya, sebagaimana firmannya

2. Mendapatkan ilmu laduni (ilmu yang langsung di berikan oleh Allah Swt kepada hambanya.)

3. Dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah ketika terjadi sesuatu yang samar dan membingungkan, dan di hapuskan dosa-dosanya di sertai mendapatkan pengampunannya.

4. Keselamatan dari panasnya api neraka.

5. Di keluarkan dari kesulitan yang menimpanya, mendapat rezki yang tak di sangka-sangka dan mudah dalam mendapatkannya, dan mendapat balasan yang berlimpah dari Allah Swt.

6. Di janjikan oleh Allah Swt surga.

7. Kemulian di dunia dan akhirat.

Adapun para ulama menafsirkan taqwa dengan ungkapan: mengerjakan semua yang di perintahkan oleh Allah Swt dan menjauhi segala larangannya, di sertai rasa pengagungan kepada Allah Swt dan rasa takut kepadanya.


0

Post a Comment