9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Air Terjun Rampah Menjangan - Loksado, Kalsel

 

Google maps sumber: Muhammad Adrian

     Goresannews.com, Loksado Kandangan, Kalimantan Selatan, memang memiliki banyak sekali wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, kali ini kita akan membahas tempat wisata Air Terjun Rampah Menjangan yang terletak di Lok Lahung, Kec. Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.


Asal Usul nama Air Terjun Rampah Menjangan


     Dari cerita beberapa warga sekitar, pada zaman dulu ada orang Dayak yang berburu bersama anjing kesayangannya, dan berhasil melumpuhkan (Menjangan) Kijang, tetapi di luar dugaan (Menjangan) Kijang tersebut masih bisa berlari menyelamatkan diri.


     Setelah lama warga yang berburu tadi pun sudah mulai kebingungan mencari (Menjangan) Kijang tersebut dan berputar-putar, secara tiba-tiba dari kejauhan, dia melihat ada air terjun tetapi warnanya agak kemerah-merahan, ternyata setelah ditelusuri (Menjangan) Kijang yang dicari tersebut jatuh dari air terjun tersebut dan membuat air berwarna merah karena bercampur darah, dari situlah diberi nama Air Terjun Rampah Menjangan, Menjangan berarti Kijang.


Akses menuju Air Terjun Rampah Menjangan


     Air Terjun Rampah Menjangan, tempat wisata yang cocok bagi pecinta alam dan tidak direkomendasikan untuk wisata bersama keluarga Karena jarak yang ditempuh lumayan banyak menguras tenaga.


     Jika kalian berangkat dari Kota Kandangan, kalian harus menempuh jarak kurang lebih 1 jam 20 menit dengan kendaraan menuju desa Lok Lahung, sampai di desa tersebut kalian akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam untuk sampai ke air terjun.


     Sangat disarankan, kalian harus meminta guide dari masyarakat sekitar, karena jarak yang ditempuh lumayan jauh dan juga apalagi kalian baru pertama kali menuju air terjun tersebut.


     Setelah sampai ke lokasi Air Terjun Rampah Menjangan, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dan air terjun setinggi kurang lebih 30 meter.


     Saran bagi teman-teman yang ke lokasi Air Terjun Rampah Menjangan, tetap jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, dan tetap menghormati adat istiadat para warga.

Post a Comment

Post a Comment