9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Cara orang zaman dahulu membelah kayu ulin

      Kayu ulin atau yang lebih dikenal dengan sebutan kayu besi, adalah kayu khas Kalimantan, sesuai dengan namanya kayu besi, kayu ini sangat kuat dan anti rayap, disebabkan kayu ini sudah mulai langka harganya pun sangat tinggi dan lumayan susah untuk didapatkan saat ini.


     Tapi pernahkah kalian berpikir, bagaimana cara orang dahulu untuk membuat pohon kayu ulin menjadi kayu yang siap dipakai untuk rumah, Padahal di zaman dahulu tidak ada gergaji mesin ?


     Menurut dari beberapa sumber para tetua masyarakat, orang zaman dahulu membuat pohon kayu ulin untuk menjadi kayu yang siap pakai menggunakan jenis kapak, tetapi katak tersebut ganggangnya diganti dengan kayu yang lentur, lalu diayunkan terus-menerus ke pohon kayu ulin dan jadilah kayu ulin yang siap pakai untuk pembuatan rumah.



     Seperti gambar yang di atas, dapat kalian lihat, kayu ulin tersebut memiliki tekstur seperti di pukul-pukul oleh kapak, gambar di atas tersebut adalah gambar kayu ulin yang dikerjakan oleh orang zaman dahulu, yang sudah berumur kurang lebih 200 tahunan, jadi ketika mereka menebang satu pohon kayu ulin, hanya bisa dibuat untuk 2 papan atau untuk menjadi satu tiang saja.


      Beda dengan zaman sekarang, sudah ada gergaji mesin, sehingga kayu tidak terbuang sia-sia, dapat dilihat perbedaan yang mencolok antara kayu ulin sekarang sangat tipis, beda dengan kayu ulin pada zaman dahulu yang tebal tebal.

Post a Comment

Post a Comment