9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Larangan menghina dan mencaci orang Muslim

 


     Kejahatan lisan yang perlu kita ketahui juga dan sering dilakukan yaitu: menghina orang muslim, menertawakannya dengan maksud atau tujuan menghina dan merendahkannya, serta mencacinya dan merasa lebih baik dari orang yang dia hina, padahal kita tidak tahu bagaimana kedudukan orang yang kita hina tersebut, barangkali maqamnya / kedudukannya lebih tinggi dari pada kita.


Dalil Al Qur'an larangan menghina orang Muslim

     Berikut ini Allah swt berfirman di dalam surat Al Hujarat ayat 11:


ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ اﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮا ﻻَ ﻳَﺴْﺨَﺮْ ﻗَﻮْﻡٌ ﻣِﻦْ ﻗَﻮْﻡٍ ﻋَﺴَﻰٰ ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮﻧُﻮا ﺧَﻴْﺮًا ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭَﻻَ ﻧِﺴَﺎءٌ ﻣِﻦْ ﻧِﺴَﺎءٍ ﻋَﺴَﻰٰ ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻦَّ ﺧَﻴْﺮًا ﻣِﻨْﻬُﻦَّ ۖ ﻭَﻻَ ﺗَﻠْﻤِﺰُﻭا ﺃَﻧْﻔُﺴَﻜُﻢْ ﻭَﻻَ ﺗَﻨَﺎﺑَﺰُﻭا ﺑِﺎﻷَْﻟْﻘَﺎﺏِ ۖ ﺑِﺌْﺲَ اﻻِﺳْﻢُ اﻟْﻔُﺴُﻮﻕُ ﺑَﻌْﺪَ اﻹِْﻳﻤَﺎﻥِ ۚ ﻭَﻣَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﺘُﺐْ ﻓَﺄُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﻫُﻢُ اﻟﻈَّﺎﻟِﻤُﻮﻥَ.


     Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.


Hadits Nabi Yang menyatakan larangan menghinana orang Muslim 


   قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ امْرِئٍ يَخْذُلُ امْرَأً مُسْلِمًا عِنْدَ مَوْطِنٍ تُنْتَهَكُ فِيهِ حُرْمَتُهُ وَيُنْتَقَصُ فِيهِ مِنْ عِرْضِهِ إِلَّا خَذَلَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي مَوْطِنٍ يُحِبُّ فِيهِ نُصْرَتَهُ وَمَا مِنْ امْرِئٍ يَنْصُرُ امْرَأً مُسْلِمًا فِي مَوْطِنٍ يُنْتَقَصُ فِيهِ مِنْ عِرْضِهِ وَيُنْتَهَكُ فِيهِ مِنْ حُرْمَتِهِ إِلَّا نَصَرَهُ اللَّهُ فِي مَوْطِنٍ يُحِبُّ فِيهِ نُصْرَتَهُ  


Artinya:  Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang menghina seorang muslim dalam suatu urusan yang dia direndahkan kehormatannya dan diremehkan harga dirinya kecuali Allah 'Azza wa Jalla pasti akan menghinakannya dalam suatu urusan yang dia membutuhkan bantuan. Maka barangsiapa yang menolong seorang muslim yang dia direndahkan kehormatan dan diremehkan harga dirinya, kecuali Allah pasti akan menolongnya dalam suatu urusan yang dia membutuhkan pertolongan".


     Sebagai seorang muslim jangan saling menghina dan merendahkan, apalagi jika saudara sesama muslim kita membutuhkan bantuan maka Tolonglah tanpa harus merendahkan mereka niscaya Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan menolong kita di dalam kesusahan tanpa merendahkan kita.

Post a Comment

Post a Comment