9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Makam Dayu Pati - Muara rintis, Hst, Kalsel

 


     Makam Dayu Pati terletak di Muara Rintis, Hst, Kalsel, nampak bertuliskan di kuburan, Dayu Pati meninggal pada tahun 1789 masehi bertepatan dengan tahun 1206 Hijriyah.


     Dayu Pati adalah seorang pengawal para anak raja, ketika sedang melakukan perjalanan, seperti perjalanan dari Kalua menuju kerajaan Banjarmasin.


     Ketika selesai dalam perjalanan mengantarkan anak raja, Dayu Pati menikahi perempuan yang tinggal di Muara Rintis dan pada akhirnya Dayu Pati pun menatap tinggal di Muara Rintis sampai akhir hayatnya dan dikuburkan di sana.


     Sebagai pengawal anak kerajaan Dayu Pati memiliki postur tubuh yang gagah, rambutnya pun diikat memanjang ke arah belakang untuk menunjukkan keberaniannya.


     Hingga sekarang, keturunan Dayu Pati masih banyak di Muara Rintis dan menyebar di daerah kota Barabai, keturunan Dayu Pati sekarang sudah mencapai keturunan ke-8.



Akses menuju makam Dayu Pati

     Untuk akses menuju makam Dayu Pati, bisa kalian tempuh menggunakan sepeda motor ataupun mobil, letaknya berada di Gang kecil di depan Masjid Simpang Tiga Gambah, jika menggunakan sepeda motor, kalian bisa langsung menuju ke tempat lokasi makam ini dan jika kalian menggunakan mobil kalian harus berjalan kurang lebih 5 menit untuk menuju makam Dayu Pati.


Sumber: salah satu keturunan Dayu Pati.

Post a Comment

Post a Comment