9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Mengenal tanda - tanda Ulama Akhirat

 


     Tentu kita perlu mengetahui bagaimana gambaran ulama – ulama yang ikhlas dan benar dalam mengajarkan ilmu agama karena ilmu adalah sebagian dari agama, sebagaimana yang di sampaikan oleh nabi muhammad saw : ilmu adalah sebagian dari agama maka lihatlah dari mana kalian mengambil ilmu  ( ma’na hadis ).


     Berikut ini,adalah beberapa tanda – tanda ulama yang ikhlas dan benar dalam mengajarkan ilmu agama, sehingga kita bisa mengikuti mereka dan mengerjakan apa yang mereka perintahkan:


1. Tidak mencari dunia dengan ilmunya,tidak menjadikan ilmunya sebagai mata pencahariannya.

2. Nafsunya mengikuti ilmunya bukan ilmunya mengikuti hawa nafsunya ,kalau nafsunya mengikuti ilmunya  maka tidak mungkin dia berfatwa dengan sembarangan demi kepentingan dirinya atau kepentingan organisasinya.

3. Mengamalkan ilmunya dan menjalankan syariat islam dengan benar,dan menegur saudaranya / kaum muslimin jika mereka berbuat kesalahan dan menyimpang dari ajaran yang benar.

4. Merasa susah jika ummat ini mendapat bala dan musibah begitu juga dalam musibah agama seperti jatuh dalam kemaksiatan dan kesesatan.

Post a Comment

Post a Comment