9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Pesona Air terjun Tumaung, Hantakan Barabai Kalsel

 

Google Maps Sumber: Adhitya Ismu

     Pegunungan Meratus yang terletak di Kabupaten Hulu sungai Tengah memiliki banyak sekali potensi wisata, kali ini kita akan membahas pesona Air terjun Tumaung, yang terletak di Datar Ajab, Hantakan, Barabai, Kalimantan selatan.


     Air terjun Tumaung, memiliki 2 tingkatan, ada tingkatan satu dan tingkatan dua, tetapi yang lebih dikenal adalah tingkatan kedua, untuk tinggi dari air terjun tersebut kira-kira kurang lebih 10 m dan memiliki lebar kurang lebih 7 m.


     Terletak di di kaki gunung Meratus air terjun ini masih dikelilingi suasana asri, sehingga masih banyak flora dan fauna yang bisa kalian jumpai, bebatuan gunung yang berada di sekitar air terjun menambah kesan suasana alam yang indah dan menyejukkan mata.


Akses dan biaya menuju Air terjun Tumaung


     Sedangkan untuk akses menuju air terjun, kalian harus berangkat terlebih dahulu ke desa Datar Ajab Hantakan, atau Desa Hinas kiri kecamatan Batang Alai Timur, memang akses untuk menuju air terjun ini memiliki dua jalur, tetapi jalur yang pada umumnya digunakan adalah jalur Desa Hinas kiri.


     Setelah sampai ke ke dua titik jalur tersebut, maka kalian harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam berjalan kaki, selain itu kalian bisa menyewa penunjuk jalan di sekitaran dua titik awal untuk menuju air terjun.


      Sedangkan untuk biaya tiket sebesar Rp5.000 per orang ditambah biaya parkir sebesar Rp5.000 permotor, yang dikelola oleh pihak wisata.

Post a Comment

Post a Comment