9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Ponpes Nurul Muhibbin Ilung, Hst, Kalsel

 


     Ponpes Nurul Muhibbin Ilung, terletak di samping jalan nasional, memasuki Gang yang berjarak kurang lebih 400 meter dari bahu jalan nasional, tepatnya terletak di Ilung Tengah, Kec. Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.


Berdirinya Ponpes Nurul Muhibbin Ilung


     Didirikan pada tahun 2001 oleh Kh. Muhammad Aidil Fakhrani, sebelum namanya berubah menjadi Ponpes Nurul Muhibbin, Pondok ini dinamakan dengan nama Ponpes Darul Muttaqin.


Sistem pembelajaran


     Ponpes Nurul Muhibbin Ilung, adalah pondok pesantren Salafiyah, yang berarti mengacu pembelajarannya kepada kitab-kitab kuning para Salaf terdahulu, yang bisa kalian tempuh selama enam tahun.


     Walaupun demikian pondok pesantren ini sudah menyediakan kesetaraan formal di tingkat tsanawiyah dan aliyah, yang bisa ditempuh selama tiga tahun di tingkatan masing-masing.


Keseharian santri Ponpes Nurul Muhibbin Ilung


     Dalam kesehariannya para santri di pondok pesantren, lakukan kegiatannya dengan mandiri seperti memasak dan mencuci baju, hal tersebut disebabkan memang pada pondok pesantren ini tidak disediakan sistem catering dan laundry.


     Sebelum memasuki pondok pesantren, para santri sudah menyiapkan beras dan lauk pauk untuk persedian selama di Ponpes.


Majelis Nurul Muhibbin Ilung


     Pondok pesantren juga menyediakan pengajian umum yang diadakan setiap sore rabu setelah sholat ashor yang dikhususkan untuk jamaah perempuan dan pada malam kamis setelah Sholat Isya untuk jamaah laki-laki dan perempuan.


     Kitab yang dibaca pada malam Kamis, adalah kitab Siarus Salikin karangan Syekh Abdussamad Al Palimbani.


Pendaftaran Ponpes Nurul Muhibbin Ilung


Kanan - Kh. Muhammad Aidil Fakhrani


     Pondok pesantren membuka pendaftaran untuk santri dan santriwati, walaupun pada awalnya pondok pesantren hanya menerima santri dari kalangan laki-laki saja, pada akhirnya pada tahun ajaran 2021 s/d 2022 pondok pesantren mulai menerima santriwati.


      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dan perihal biaya, bisa langsung mendatangi kantor pondok pesantren atau menghubungi kontak yang disediakan oleh pihak pondok.

Post a Comment

Post a Comment