9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sejarah Goa Liang Tapah, Tabalong Kalimantan Selatan

 

Google Maps Sumber: Rydha Ahmad

     Goa Liang Tapah, terletak di Garagata, Kecamtan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, dibalik keindahannya ternyata Goa Liang Tapah memiliki sejarah tentang penamaannya.


     Sebelum melanjutkan pembahasannya marilah kita mengenal Ikan Tapah: Ikan tapah atau Wallago adalah marga beberapa ikan berkumis (Siluridae) pemakan daging (karnivora) berukuran besar dari Asia tropika.(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wallago)


      Ikan tapah sering di temui di perairan Kalimantan, bahkan ukurannya yang bisa mencapai 1,5 m dengan bobot puluhan kilo, ikan ini pemakan daging dan cukup berbahaya.


Asal Usul nama Goa Liang Tapah


     Menariknya Goa Liang Tapah, di ambil dari nama ikan tapah, yang diyakini oleh warga sekitar, bahwa ada ikan tapah yang tinggal di dalam Goa dan berukuran sangat besar sehingga untuk membalikkan badan pun dia tidak bisa.


     Tetapi ikan tapah yang di maksud para warga bukan lah ikan pada umumnya, tetapi jelmaan jin yang berbentuk ikan tapah, dan ikan tersebut hanya muncul di malam hari, matanya menyala dan menurut para warga hanya segelintir orang yang pernah melihat ikan tapah gaib di dalam goa tersebut.

Post a Comment

Post a Comment