9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Habib Umar Bin Abdurrahman Al Athos - (Ratib Al Athos)

 


     Siapa yang tidak mengenal dengan Rotibul Athos, yang sudah sering dibaca di mana-mana khususnya di kalangan para santri, Rotibul Athos disusun oleh seorang Habib yang bernama Umar Bin Abdurrahman Al Athos.

    Habib Umar Bin Abdurrahman Al Athos dilahirkan di kota inat, Hadramaut, pada tahun 992 Hijriyah atau bertepatan pada tahun 1572 Masehi.

     Di masa kecilnya Beliau hilang penglihatannya, tetapi Allah Swt mengganti penglihatannya dengan penglihatan mata hati yang tentu lebih tajam dari mata Zahir.

Guru-guru Habib Umar Bin Abdurrahman Al Athos


     Di waktu kecilnya Habib Umar Bin Abdurrahman Al Athos sangat semangat dalam mempelajari ilmu agama, salah satu yang menjadi gurunya adalah ayahnya sendiri yaitu Habib Abdurrahman Bin Agil.

Dan juga di antara guru-gurunya: Syekh Abu Bakar bin Salim, Muhammad bin Abdurrahman Al-Hadi, Syekh Umar bin Isa As Samarqandi. Sementara guru utama yang paling ia hormati, ialah Habib Husein bin Syekh Abu Bakar bin Salim.

Meninggalnya Habib Umar Bin Abdurrahman Al Athos


     Habib Umar Bin Abdurrahman Al Athos meninggal dunia pada 23 Rabiul akhir tahun 1072 Hijriyah / 1652 Masehi.

     Jasadnya yang mulia dimakamkan di kota Hadramaut, dan hingga saat ini, banyak sekali para peziarah yang datang dari berbagai macam negara untuk menziarahi makam penyusun Rotibul Athos ini.

Post a Comment

Post a Comment