9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Kh. Ahmad Mughni (ayah Guru Bakhiet)

 


      Kh. Ahmad Mughni, ayahnya bernama kh. Ismail Bin Kh. Muhammad Thohir Bin Kh Syihabuddin.


Masa belajar Kh. Ahmad Mughni


     Kh. Ahmad Mughni, didik langsung oleh orang tuanya, di masa kecilnya dia menjadi orang yang berbakti kepada orang tuanya, tidak pernah keluar dari mulutnya kata tidak untuk apa yang diperintahkan oleh orang tuanya, disitulah beliau ditanamkan benih kesabaran dan kesahajaan.


     Untuk memperdalam ilmu agamanya Kh. Ahmad Mughni, berangkat bersama adiknya yang bernama H. Syibli menuju kota Mekkah, disitulah beliau mempelajari ilmu-ilmu agama, dalam masa belajarnya beliau dikenal dengan semangatnya yang sangat tinggi, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, bahkan beliau tidak mengenal orang yang berada di sebelah kamarnya, karena saking sibuknya dengan mempelajari ilmu.


     Setelah beberapa tahun belajar ilmu agama di Kota Mekah, beliau pun pulang menetap di kota Barabai, Hst, Kalimantan Selatan, ilmu yang menonjol dari Kh. Ahmad Mughni adalah ilmu tasawuf.


Meninggalnya Kh. Ahmad Mughni


     Kh. Ahmad Mughni Bin kh. Ismail, meninggal di usia kurang lebih 90 tahun, pada hari Sabtu 10 Zulhijjah 1414 H, dan dikebumikan di Telaga air mata, Barabai HST, Kalimantan Selatan.


     Diantara anak beliau yang paling menonjol, adalah Tuan Guru Kh. Muhammad Bakhiet, pimpinan pondok pesantren Nurul Muhibbin.

Post a Comment

Post a Comment