9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Manaqib Datu Ahmad Balimau - kandangan, Kalsel

 


    Datu Ahmad Balimau memiliki nama asli Haji Ahmad bin Mufti haji Muhammad As'ad, yang memiliki garis keturunan dari Syekh Arsyad Al Banjari.

     Datu Ahmad balimau mempelajari ilmu agama langsung kepada datuknya yaitu Kyai Haji Arsyad Al Banjari, setelah selesai dari belajarnya, Datu Ahmad Balimau tinggal dan berdakwah di Kota Kandangan Hss, Kalimantan Selatan, beliau dikenal dengan ketegasannya menegakkan hukum-hukum Allah Swt disertai dengan kasih sayangnya dan juga keilmuannya yang luas.

Karomah Datu Ahmad balimau


     Dari cerita masyarakat, bahwa Datu Ahmad balimau bukanlah dikuburkan di tempat yang sekarang, pada mulanya beliau dikuburkan di suatu tempat, ternyata di sekitaran tempat tersebut dipakai oleh orang-orang untuk bermaksiat, oleh sebab itulah maka kuburan Datu Ahmad balimau pindah sendiri ke tempatnya yang sekarang di waktu malam hari, bekas kuburan beliau yang dulu pada waktu malam itu mengeluarkan cahaya yang terang.

     Makam Datu Ahmad balimau sekarang terletak di Balimau, Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, hingga sekarang masih ramai peziarah yang datang ke makam beliau.

Post a Comment

Post a Comment