9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni (Tanbihul Mugtarrin)

 


     Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni lahir pada bulan ramadhan tahun 1493M / 898H di desa Qolqoshnadah – Mesir, kampung kakeknya dari jalur ibu, Setelah 40 hari kelahirannya, beliau pindah ke kampung ayahnya Saqiyah Abi Sya’rah, Dari sanalah nisbah nama beliau.


Kitab Tanbih Al-Mughtarrin


     Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni, adalah seorang sufi yang populer, melakukan perjalanan menemui para pembesar-pembesar kaum Sufi, Beliau memiliki banyak karangan khususnya tentang dunia tasawuf, syekh Ismail Basya mengatakan bahwa karangan kitab beliau mencapai 49 kitab.


     Diantara kitab-kitab karangan beliau yang paling populer adalah kitab "Kitab Tanbih Al-Mughtarrin", isi kitab tersebut menceritakan banyak sekali kisah para kaum Sufi terdahulu, dari segi akhlak mereka dan kehidupan mereka sehari-hari yang sudah jarang kita temui pada saat ini, kitabnya populer di kalangan para santri salaf dan menjadi tolak ukur untuk membandingkan diri mereka dengan orang-orang te.rdahulu.


Tahun Wafatnya Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni


     Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni, meninggal dunia pada Jumadil Ula pada tahun 973 H lihat 1565 M


     Dalam dunia tasawuf beliau sangat berjasa dengan kitab kitabnya yang menjelaskan prinsip dan ma'na seorang Sufi yang benar benar menempuh jalan menuju Allah Swt.

Post a Comment

Post a Comment