9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Mengenal penyakit Wisa hutan Kalimantan

 


     Penyakit Wisa: adalah racun yang berada di tengah hutan, Penyakit ini bisa menjangkiti seseorang yang sedang berada di hutan pedalaman Kalimantan, seperti para pekerja alat berat dan orang yang sedang membuka lahan di tengah hutan.


Asal Usul penyakit Wisa

     Wisa, adalah penyakit yang berasal dari hutan, dari beberapa sumber masyarakat  ada yang mengatakan Penyakit ini juga ikut serta disebarkan oleh para Jin jahat yang ingin mengganggu manusia yang sedang berada di dalam hutan.

     Alasan Jin tersebut menyebarkan penyakit wisa, salah satunya ingin mengganggu manusia ataupun mereka merasa terganggu dengan adanya aktivitas manusia di tengah hutan.


Tanda orang yang terkena penyakit Wisa

     Ada beberapa tanda orang yang terkena penyakit wisa, salah satunya yang nampak adalah badan agak berwarna kekuning-kuningan dan seluruh badannya terasa lemas serta penyakitnya tidak sembuh-sembuh.

     Sedangkan untuk cara pengobatannya dari cara tradisional, seperti penulis pernah lihat yaitu melakukan pengobatan kepada ahli penyakit tersebut atau yang lebih dikenal di masyarakat Kalimantan dengan sebutan batatamba kepada penambaan.

     Tetap selalu membaca doa dan ingat Kepada Tuhan ketika sedang melakukan pekerjaan di dalam hutan, dan jangan lupa tetap menjaga sopan santun seperti berhati-hati ketika sedang kencing dan membuang air panas, agar terlebih dahulu Permisi kepada orang-orang ghoib yang berada di sekitar hutan tersebut.

1 comment

1 comment

  • Admin - 1
    Admin - 1
    April 12, 2022 at 6:54 AM
    Mantap informasinya
    Reply