9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Manaqib Habib Ibrahim Al Habsyi - Negara, Kandangan

 

    Habib Ibrahim Bin Umar Al Habsyi, salah satu keturunan Rasulullah Saw yang berdakwah di Indonesia, marilah kita ikuti beberapa sejarah perjuangannya dalam perkembangan ajaran Islam di Indonesia.

Kelahiran Habib Ibrahim Bin Umar Al Habsyi

    Tidak ada keterangan yang menjelaskan tanggal berapa dan pada tahun apa beliau dilahirkan, yang jelas beliau dilahirkan dan berasal dari kota seribu Wali Kota Sewon di Hadramaut.

Guru - guru Habib Ibrahim Al Habsyi

    Dalam pendidikannya di waktu masa kecil, beliau sudah dididik oleh ayahnya yang bernama nama Habib Umar Al Habsyi, karena berada di dalam lingkungan yang agamis, habib Ibrahim muda pun sudah memiliki pribadi yang mempunyai keilmuan dan akhlak yang tinggi.

Dan diantara guru-gurunya adalah:

1. Habib Ahmad Bin Muhsin Al Haddar

2. Habib Abdurrahman Bin Muhammad Mansyur

3. Habib Hasan Bin Ahmad Al Aydrus

4. Habib Ali Bin Salim Bin Syekh Abu Bakar Bin Salim

5. Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi.

Keberangkatan ke Indonesia Habib Ibrahim Bin Umar Al Habsyi

    Diperintahkan oleh gurunya Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi, maka Habib Ibrahim Al Habsyi, berangkat ke negeri Indonesia bersama beberapa murid Habib Ali Bin Habsyi yang lainnya.

    Pertama beliau menginjakkan kakimya di kota Ampel Surabaya Jawa Timur, lalu melanjutkan perjalanannya ke daerah Banjarmasin, Martapura dan perjalanan terakhirnya untuk berdakwah berada di negara Kabupaten Kandangan Kalimantan Selatan.

    Di negaralah beliau berdakwah dan memiliki andil yang sangat besar dalam dakwah dan  pembangunan masjid di sana, dengan mengumpulkan uang hartanya untuk membangun masjid serta membantu dan Karomahnya untuk mengumpulkan beberapa tiang kayu masjid yang sangat besar.

    Habib Ibrahim Al Habsyi, berpulang ke Rahmatullah pada hari Jumat tanggal 14 Safar pada tahun 1354 Hijriyah dan di makamkan di negara, kandangan kalimantan selatan.

Refrensi: www.lisanAlfaqir.blogspot.com

Dan lain lain.

Post a Comment

Post a Comment