9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Manaqib Kh. Mahfudz Amin - Pamangkih, Barabai, Kalsel

 


     Kh. Mahfudz Amin, adalah pendiri dan pengasuh pertama pondok pesantren Ibnul Amin yang terletak di Kasarangan Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.


     Kh. Mahfudz Amin, dilahirkan pada 23 Rajab 1332 H/1914 M, beliau adalah anak pertama dari Kh. Ramli, sedangkan ibunya bernama Hj. Sabariah.


Masa pendidikan Kh. Mahfudz Amin


     Kecilnya Kh. Mahfudz Amin, didik langsung oleh orang tuanya, yang juga seorang ulama pada masa itu, masa kecilnya dikelilingi oleh keluarga yang taat beragama dan memiliki kecintaan terhadap Ilmu agama.


     Selain itu beliau juga Mengikuti pendidikan formal selama tiga tahun di sekolah volk School di pamangkih dan vervolk School yang berada di desa Banua Kupang selama tiga tahun.


     Beliau juga mengikuti beberapa pengajian agama yang berada di sekitaran pemangkih seperti Tuan Guru Hasbullah.


     Kh. Mahfudz Amin, pada usia 24 tahun berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji sekaligus memperdalam ilmu agamanya selama tiga tahun, di antaranya kepada: Syekh Yasin Al Fadani, Syekh Abu Bakar Sulaiman Jakarta, Sayyid Amin Kutbi.


Meninggalnya Kh. Mahfudz Amin


    Kh. Mahfudz Amin, berpulang ke Rahmatullah pada hari minggu tanggal 21 Dzulhijjah 1415 H / 21 Maret 1995 M, pada usia 82 tahun.


     Dimakamkan di pemakaman umum pamangkih berdampingan dengan ayahnya Kh. Muhammad Ramli.


     Suasana pengantaran jenazah dipenuhi oleh ribuan masyarakat yang merasa Kehilangan sosok ulama yang jadi panutan masyarakat selama ini.

Post a Comment

Post a Comment