9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Sejarah Masjid keramat palajau, Barabai, Kalsel


     Masjid keramat Palajau, terletak di Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, adalah salah satu masjid tertua yang berada di provinsi Kalimantan Selatan.

     Masjid keramat Palajau, di bangun bersamaan dengan sembilan masjid lainnya, masjid ini dibangun urutan yang ke-5 pada saat itu, jumlah masjid yang dibangun pada saat itu berjumlah sembilan, sesuai dengan jumlahnya para Wali Songo, salah satu masjid yang dibangun bersamaan juga pada masa itu adalah masjid Sungai Banar Alabio, Amuntai, Kalimantan Selatan.



     Di dalam tiang masjid ada lubang yang berisikan tulisan-tulisan Arab dan nasab orang-orang yang ikut serta dalam pembangunan Masjid keramat Palajau.

     Pada tahun 1972 Masjid keramat Palajau, melakukan pemugaran dan banyak melakukan perubahan, akan tetapi tiang masjid yang bersejarah masih tetap ada sampai sekarang.
Tentara Belanda Katulahan.

     Dari beberapa cerita masyarakat di sekitar masjid, pada saat terjadinya perang, para tentara Belanda yang memasuki kawasan masjid terkena karma muntah darah dan banyak di antara tentara Belanda yang terkena penyakit disebabkan masuk ke daerah masjid.

     Hal tersebut membuat masyarakat tenang terhadap terjadinya letusan perang melawan Belanda disebabkan tentara Belanda banyak yang jatuh sakit.
Post a Comment

Post a Comment