9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Tradisi rapat pengantin Banjar


      Suku Banjar yang tinggal di kalimantan memiliki tradisi adat istiadat yang unik untuk diketahui, salah satunya adalah Tradisi Rapat pengantin.


     Rapat pengantin, biasanya di adakan bagi salah satu warga kampung ketika ada salah satu dari masyarakat tersebut akan melaksanakan pesta acara pengantin, maka dalam jangka kurang dari satu minggu acara pengantin, masyarakat akan mengadakan rapat pengantin dirumah pengantin tersebut.


     Dalam rapat pengantin akan dibahas berbagai macam persoalan seperti tempat lokasi, susunan acara, yang tentu acara tersebut akan dilaksanakan oleh masyarakat satu kampung yang akan menjadi panitia untuk lancarnya pelaksanaan pesta acara pengantin.


     Dalam rapat tersebut masyarakat juga akan saling bergotong-royong mengumpulkan uang untuk membantu tuan rumah yang akan melaksanakan acara pengantin yang tentu akan menghabiskan banyak uang.


     Tak lupa juga ketika acara sudah berhasil dilaksanakan, maka tuan rumah akan mengundang masyarakat satu kampung untuk mengadakan selamatan atas berhasilnya acara pengantin, biasanya acara selamatan pengantin akan diadakan di waktu setelah sholat Isya ataupun setelah sholat magrib.

Post a Comment

Post a Comment