9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Kisah Imam Junaid dan pedagang yang bangkrut


    Imam Junaid adalah seorang tokoh sufi yang terkenal dikalangan kaum ahli tasawuf, pernah ada seorang pedagang yang kaya raya disuatu pasar yang  sering dikunjungi oleh Imam Junaid, ketika itu ada kabar yang sampai kepada  Imam Junaid bahwa pedagang yang dipasar tersebut telah bangkrut dan berkeinginan menutup tokonya.

    Setelah Imam Junaid mendapatkan kabar tersebut, maka beliau menyuruh salah satu muridnya untuk mendatangi pedagang yang bangkrut tersebut dan menyerahkan uang, supaya pedagang tadi biasa berjualan kembali dan membuka usahanya seperti biasanya, disinilah terbesit didalam hati murid Imam Junaid, “mengapa guru saya menyuruh orang untuk mendekati dunia, bukankah hal tersebut tercela”.

    Setelah mengantar uang dari gurunya kepada pedagang agar membuka usahanya kembali, maka sang murid tersebut memberanikan diri bertanya kepada Imam Junaid: “wahai guru bukankan engkau melarang untuk mendekati dunia ? tetapi mengapa engkau malah menyuruh orang umtuk mencarinya” maka Imam Junaid menjawab: “tahukah engkau wahai muridku, bahwa pedagang tersebut membantu orang untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, dia menjamin banyak para pencari ilmu agar para pencari ilmu bias focus beribadat tanpa memikirkan urusan dunia mereka”

    Lalu mengapa pedagang tersebut memilih membiayai para penuntut ilmu dari pada yang lain seperti orang miskin ? karena dia tahu bahwa para pelajar memang memfocuskan diri mereka untuk belajar dan mendekatkan diri mereka kepada Allah Swt, yang tentu besar ganjarannya bagi setiap orang yang membantu seseorang agar sampai jalannya kepada kepada Allah Swt.

     Itulah alasanku agar menyuruh dia berdagang kembali dengan memberikan di modal, sebab karena dialah banyak sekali para pelajar yang bias memfocuskan diri mereka dalam menuntut ilmu agama dan jalan menuju pada Allah Swt, jawab Imam Junaid kepada muridnya.

0

Post a Comment