9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Tuan guru H. Dumalik Ilung Pasar Lama, Barabai Kalsel

 


    H. Abdul Malik Bin H. Tartum atau yang di kenal di masyarakat dengan sebutan H.Dumalik adalah salah tokoh penyebar ajaran agama islam di daerah kecamatan ilung pasar lama, Barabai, Kalimantan Selatan.


     Tuan Guru H.Dumalik berjasa besar dalam penyebaran ilmu di daerah ilung pasar lama, mengajari berbagai macam syariat islam seperti memandikan mayit, sholat yang benar dan syiar islam.


     Berdasarkan sumber dari masyarakat sekitar, mengatakan bahwa H.Dumalik belajar ilmu agama di kota Mekkah, dan menunaikan kewajiban hajinya sewaktu belajar di sana.


     Terkait keturunan H.Dumalik beliau memiliki seorang anak yang bernama Ruslan, dan dari cerita masyarakat sekitar ada yang mengatakan bahwa Ruslan tidak memiliki anak, sehingga garis keturunan tersebut terputus.


     Beberapa tahun belakangan Makam tuan guru H.Dumalik sudah di renovasi, yang sebelumnya tidak memiliki kubah sekarang sudah memiliki kubah dan fasilitas, seperti pemakaman para alim ulama pada umumnya.


     Sedangkan untuk letak makamnya terletak di desa Bungkang Rt 03, Ilung Pasar Lama, dan bersampingan dengan jalan aspal sudah ada jalan khusus untuk menuju kubah tuan guru H.Dumalik, untuk jaraknya dari kota Barabai sekitar 15 menit.


     Begitulah sekilas tentang Tuan Guru H. Abdul Malik Bin H. Tartum, karena sedikitnya informasi yang saya dapatkan dari masyarakat sekitar, maka mohon koreksi jika ada kesalahan ataupun ada informasi yang lebih lengkap dengan menghubungi contact ataupun tuliskan di kolom komentar.

Post a Comment

Post a Comment