9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Keutamaan Syariat dan ke Imanan umat Nabi Muhammad Saw


    Ketetapan iman bagi umat Muhammad besar sekali dan banyak sekali pahalanya, karena mereka beriman kepada semua kitab yang telah di turunkan oleh Allah Swt, beriman kepada semua rasul Allah Swt, dan beriman kepada semua malaikat,tanpa membeda-bedakan di antara satu sama lain. Allah SWT berfirman :

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

    “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.” (al baqoroh: 285)”

Allah SWT juga berfirman :

قُلْ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ عَلَيْنَا وَمَآ أُنزِلَ عَلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَمَآ أُوتِىَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَٱلنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُۥ مُسْلِمُونَ

    “Katakanlah: “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para Nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri”.

    Di antara keutamaan dan kemuliaan umat Nabi Muhammad SAW adalah bahwa Allah SWT.benar-benar menyempurnakan keyakinan mereka dengan pernyataan Nabi SAW dalam sabdanya:

إذ قال : ما أعطيت أمة من اليقين أفضل مما أععطيت أمتي

(HR.Al-Hakim.Attirmidzi. dari abu said bin mas’ud al-kidny (kanzhul ‘ummal 12 : 163 ( 34483)

    “Belum pernah ada umat yang dikaruniai keyakianan yang lebih sempurna daripada keyakinan yang dikaruniai kepada umat Muhammad”

    Belum pernah ada umat yang hatinya memperoleh pancaran iman untuk makrifat kepada Allah ta’ala dan meningkatkan amal perbuatan mereka sehingga menghadapi urusan akherat bagi mereka sama dengan menghadapi urusan kenyataan,karna sesungguhnya orang orang terdahulu tidak memperoleh hal demikian itu,kecuali satu demi satu,

    Dan sungguh Allah telah menganugrahi umat Muhammad dengan di tambahnya moral dan dekatnya kedudukan mereka dengan Allah SWT dengan sedekat dekatnya.

    Sehingga Allah menamakan umat Muhammad di dalam kitab taurat dengan sebutan,orang orang pilihanya adapun di dalam kitab injil Allah menyebut mereka dengan sebutan ‘ulama (orang orang mengerti ilmu agama) orang yang sangat sabar,orang yang bertaqwa,dan orang yang baik  

    Dan diantara keutamaan umat Muhammad SAW ialah syariat umat Muhammad adalah syariat yang paling sempurna sebagaimana yang dinyatakan oleh al-Qur’an Allah SWT berfirman :

اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الأسلام دينا

    “Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah kucukupkan nikmat-ku serta telah kuridhai Islam itu jadi agama bagimu” (QS. Al-Maidah:3).

    Itulah pernyataan yang jelas dari Allah SWT. Tentang kesempurnaan akidah dan syariat risalah Nabi muhammaad SAW kalau kiranya belum cukup.tidak mungkin dikatakan agama Islam itu terus berkembang dimana saja dan kapan saja.itulah arti kesempurnaan syariat ummat Nabi Muhammad SAW.

    Lain halnya dengan risalah Nabi-Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.mereka membawa risalah hanya kepada kaumnya saja dan pada waktu itu saja,karena itu,risalah mereka itu merupakan risalah yang khusus,tetapi setelah Nabi Muhammad SAW,datang membawa risalah.dimana risalah yang dibawa merupakan risalah yang sesuai dengan naluri beragama,yaitu agama tauhid, maka risalah syariat yang dibawa itu sesuai dengan kehidupan manusia di semua penjuru dunia hingga akhir masa.

    Sungguh telah kita ketahui bahwasanya umat Nabi Muhammad adalah sebaiknya-baiknya umat  sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an

Allah SWT berfirman :

كنتم خير أمة اخرجت للناس تامرون بالمعروف وتنهون المنكر

“Kamu semua (umat Muhammad) adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar” (QS.Ali Imron:110)

Nabi juga Bersabda :

أنتم توفون أمة انتم خيرها و أكرمهما على الله عز وجل

(HR.Ahmad,At-tirmidzi, dan Ibnu Majah)

“Kamu semua ini membandingi tujuh puluh umat manusia, kamu semualah yang terbaik dan kamu semua pula yang lebih mulia disisi Allah Azza Wa Jalla”

Nabi juga bersabda :

أعطيت ما لم يعط أحد من الأنبياء فقلنا يا رسول الله ماهو؟ قال : نصرت بالرعب وأعطيت مفاتيح الأرض وسميت أحمد وجعل التراب لي طهورا وجعلت أمتي خير الأمم

(HR.Ahmad)

    “Aku diberi lima perkara yang tidak pernah diberikan-nya kepada seorang pun dari Nabi sebelumku.”kami (para sahabat ) bertanya,“ya rasullohlah,apakah itu ?jawabnya, “aku di menangkan dengan perasaan gentar pada musuh, dan aku diberi kunci bumi,aku telah diberi nama ahmad. Dijadikan Allah bagiku bumi ini sebagai alat untuk bersuci, Dan umatku dijadikan sebagai umat yang terbaik.” 

    Sekolompok umat Nabi akaan selalu memperhatikan kebenaran,karena itu tidak akan membahayakan mereka,apa dan siapa saja yang menentang mereka,hingga datang urusan Allah itu

    Hal ini tidak seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang zalim di zaman dahulu, mereka selalu meninggalkan perintah-perintah Allah dan melanggar larangan-larangan-Nya,bahkan mengganti perintah dengan mengerjakan yang tidak diperitahkan pada mereka.

    Jelas bahwa kutukan yang ditimpakan kepada orang-orang Bani Israil tersebut disebabkan karena meraka selalu melanggar dan menentang perintah Allah dan tidak memperhatikan amal ma’ruf nahi munkar.

    Lebih jelas lagi, bahwa keutamaan dan kemulian umat Muhammad jika dibandingkan dengan umat yahudi, sebagaimana yang tercantum di dalam Al-Qur’an setelah Allah SWT memuji umat Muhammad dengan pujian “sebaik baiknya umat”.

    Di dalam ayat berikutnya, Allah mencela dan mengutuk umat yahudi, mereka diliputi kehinaan, kerendahan, dan kemiskinan. Mereka kembali dengan kemurkaan Allah. Hal tersebut disebabkan karena mereka mengkingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar juga karena mereka durhaka dan melampaui batas.

    Disamping keistimewaan tersebut, umat Muhammad yang melaksanakan amal ma’ruf nahi munkar juga mempeloreh jaminan yang menggembirakan  dari Allah SWT dalam kitab suci Al-Qur’an yang artinya:

    “Mereka sekali-kali tidak akan membuat mudharat kepadamu selain dari gangguan-gangguan celaan saja” (QS. Ali imron:111)

    Umat Muhammad akan mempeloreh keutamman dan kemuliaan dari Allah jika mereka selalu memelihara:

1. Keimanan. Sebagaimana yang diisyaratkan dalam alquran ayat tu’minuuna bil-lahi.

2. Dakwah (amal ma’ruf nahi munkar), sebagaimana yang di isyaratkan dalam ayat Ta’muruuna bil-ma’rufi wa tanhawna ‘anilmunkar.

    Maka apabila umat Nabi Muhammad ingin tidak terkena tipu daya orang-orang yahudi, maka mereka harus meningkatkan kemurnian beribadah kepada Allah SWT, dan mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW. dan memengang teguh kepada kitab Allah dan hadis Nabi Muhammad SAW, dan selalu siaga untuk membela agamanya.

    Sungguh kita mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling dicintai oleh Allah SWT. Nabi yang paling deket kekdudukanya di sisi Allah 

    Maka tidak heran jika allah menjadikan umatnya sebagai umat yang paling allah cintai, dan paling dekat kedudukanya disisi allah SWT.sungguh allah telah berikan banyak keistimewaan dan kemulian kepada umat ini.antara lain ialah keistimewaan itu hanya dimiliki oleh umat nabi saja. dan tidak dimiliki oleh umat yang lain sebelumnya. Tetapi keistimewaan umat nabi lah yang paling baik dan sempurna

    Di akhir zaman ini.berapa banyak seorang yang masih belum mengetahui keistimewaan umat Nabinya yang Allah SWT  karuniai kepadanya. contoh seperti halnya boleh nya shalat dimanapun dia berada. selagi tempat itu layak dan suci maka Allah memperbolehkan umat Muhammad untuk sholat di manapun ia berada. Berbeda dengan umat yang terdahalu bahwasanya mereka itu beribadah hanya diperbolehkan disatu tempat saja. Dan masih banyak lagi. Keistimewaan yang banyak tidak di ketahui oleh kaum muslimin di zaman ini, maka itu penulis tertarik untuk mengkangkat judul ini. sebagai skripsi penulis. untuk memahamkan mereka agar mereka mengetahui keistimewaan yang Allah berikan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Supaya kita bisa mendapatkan kecintaan Nabi Muhammad SAW. Dan agar senantiasa mengamalkan sunah-sunahnya.

Post a Comment

Post a Comment