9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

orang - orang yang terkenal dalam pemalsuan Hadits


 TIMBULNYA PEMALSUAN HADIST


Pemalsuan hadits muncul pada tahun 41 hijriyyah, pada masa itu kaum muslimin terpecah belah, belum lagi munculnya aliran Syiah, Khawarij. Disertai munculnya Bid’ah di dalam urusan agama.
Untuk memperkuat dan menarik banyak anggota,  mereka membuat hadits – hadits palsu tentang keutaman aliran mereka.

ORANG - ORANG YANG POPULER SEBAGAI PEMALSU HADIST


    Tak terhitung berapa banyak orang memalsukan hadits, Yang terkenal diantara mereka adalah : Jabir bin Yazid Al-Ja’fi dan Abu Dawud Al-A’ma serta Abu Ismah Nuh bin Maryam. Ia adalah orang yang alim dan mulia, oleh kaarena itu ia dijuluki Al-Jami’ (si pengumpul), dia mengumpulkan banyak perbendaharaan ke ilmuan.

    ia mengambil fiqih dari Abu Hurairah dan Ibnu Abi Layla, hadist dari Hajjaj bin Arthaah, tafsir dari Al-Kalbi dan lainnya, Al-Maghazi dari Muhammad bin Ishaq dan lainnya.

    Meskipun begitu ia adalah pemalsu hadits, maka dikatan bahwa ia mengumpulkan segala sesuatu kecuali kebenaran, diriwayatkan dari Al-Hakim dengan sanadnya hingga Ammar bahwa ia berkata : pernah dikatakan kepada Nuh bin Maryam : Hai orang ini, dari mana anda dapat hadits Ikrimah dari Ibnu Abbas tentang keutamaan-keutamaan Al-Qur’an surah demi surah?
Nuh menjawab : sesungguhnya aku melihat orang-orang berpaling dari Al-Qur’an dan sibuk dengan fiqih Abi Hanifah dan Maghazi Muhammad bin Ishaq, maka aku mengarang hadits – hadits ini demi mendapatkan pahala.

    Termasuk juga Abul Khattab bin Dihyah. Dia  telah mengarang sebuah hadits mengenai peng-qasharan shalat magrib, jika dia tidak memiliki dalil akan suatu fatwa yang telah dia buat, maka dia mengarang hadits yang sesuai dengan fatwanya. Sebagaiman di jelaskan di dalam Biografi Abdul Aziz Ibnul Harist at-Tamimi al-Hambali seorang ulama besar di kota Baghdad. 
Post a Comment

Post a Comment