9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

3 Macam Mati Syahid, Dunia, Dunia Akhirat, Akhirat


Syahid dunia 

    Ialah orang yang perang di jalan Allah swt kemudian dia mati dalam peperangan itu, tetapi tujuannya bukan mencari ridha Allah swt, justru mencari kedudukan di sisi manusia,  sebagaimana yang di jelaskan Nabi saw di dalam hadisnya.

عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ الرَّجُلُ يُقَاتِلُ حَمِيَّةً وَيُقَاتِلُ شَجَاعَةً وَيُقَاتِلُ رِيَاءً فَأَيُّ ذَلِكَ في سَبِيْلِ اللهِ قَالَ مَنْ قَاتَلَ لِتَكُونَ كَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ العُلْيَا فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ رواه البخاري)

“Dari Abi Musa  dia berkata ada seseorang datang kepada Nabi saw kemudian di berkata ada seseorang berperang karena kemarahan dan ada juga yang perang supaya di sebut berani dan ada juga yang berperang karena cari kedudukan di sisi manusia maka yang mana yang berperang di jalan Allah swt maka Nabi saw menjawab otang yang berperang supaya kalimat Allah swt menjadi tinggi itulah ysng di jalan Allah swt.” 

Syahid dunia akhirat 

    Ialah orang yang berperang di jalan Allah swt dengan tujuan mengharap ridha Allah swt, kemudian dia mati dalam peperangan itu. Sebagaimana yang di jelaskan dalam hadis Nabi saw:


وحَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا تَعُدُّونَ الشَّهِيدَ فِيكُمْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيدٌ قَالَ إِنَّ شُهَدَاءَ أُمَّتِي إِذًا لَقَلِيلٌ قَالُوا فَمَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي الطَّاعُونِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي الْبَطْنِ فَهُوَ شَهِيدٌ)رواه مسلم)

    “Dari shahabat Abu Hurairah beliau berkata bersabda Rasulullah saw siapa yang kalian anggap syahid merika menjawap ya Rasulullah siapa orang yang mati di jalan Allah swt maka dia mati syahid lalu beliau mejawab sesungguhnya syuhada umatku kalau begitu sedikit lalu merika bertanya maka siapa merika itu ya Rasullah maka beliau menjawab orang yang terbunuh di jalan Allah swt  maka dia mati syahid dan siapa orang yang mati di jalan Allah swt maka dia mati syahid dan siapa orang yang mati karena terkena firus yang mematikan maka dia mati syahid dan siapa orang yang mati karena sakit perut maka dia mati syahid.” 

Syahid akhirat 

    Ialah orang yang mati karena ada sebab-sebab yang menimpanya,  atau dia melaksanakan suatu amalan, sehingga dia mendapatkan suatu pahala seperti orang mati syahid,  dan dia di berlakukan seperti orang yang tidak syahid dalam artian dia dimandikan dan shalati.
Dan di antara orang yang mati syahid akhirat ialah:
Orang yang terbunuh karena membela hartanya, Orang yang mati karena tertimpa sakit perut atau ada juga ulama yang mengatakan mati karena diare. Orang yang mati karena tengelam di air. Orang yang mati karena tertumpuk reruntuhan bangunan. Orang yang mati karena membela diri. Orang yang mati karena membela agamanya. Orang yang mati karena membela keluarganya. Orang yang mati karena cinta kepada kelurga Nabi saw. Orang yang mati karena mengatakan kebenaran di depan raja yang zhalim. Orang yang mati karena sibuk dengan ilmu syariat. Orang yang mati dalam keadaan berwudhu. Orang yang mati karena terbakar. Orang yang mati karena di sihir. Orang yang mati karena di sengat binatang. Orang yang mati karena di racuni. Orang yang mati karena di makan binatang buas. Orang yang mati karena cinta kepada orang yang halal di nikahi. Orang yang mati karena  kehausan dan kelaparan. Orang yang mati dalam posisi gila. Orang yang mati dalam posisi nifas. Orang yang mati karena  di zhalimi. Orang yang mati karena  tua renta. Orang yang mati karena berada di tempat asing. Orang yang mati karena membaca akhir surat Hasyar. Orang yang mati dalam keadaan azan. Orang yang mati sedangkan dia melazmi membaca ayat Qursi setelah. 
Post a Comment

Post a Comment