9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

4 Sifat Yang Ada Di Dalam Diri Manusia Ketika Diciptakan


Sesungguhnya ketika di ciptakannya manusia maka ada beberapa sifat yang terhimpun dalam dirinya :

1. Sifat Sabu’iah (sifat kebuasan), maka manakala manusia dalam keadaan marah maka dia akan melakukan seperti apa yang di lakukan binatang buas berupa bermusuhan, benci, dan menyerang manusia.

2. Sifat Bahimiah (sifat binatang), maka manakala manusia sudah berkobar syahwatnya maka dia akan melakukan seperti apa yang di lakukan binatang berupa sipat serakah, rakus, nafsu yang besar dll.

3. Sifat Syaithaniah, maka ketika manusia punya kelebihan di banding dengan binatang, tetapi dari segi lain manusia punya kesamaan dengan binatang dalam sifat marah, dan syahwat maka timbullah sifat Syaithaniah. 
    sehingga dia menjadi orang yang jelik karena dia menggunakan keistimiwaannya yang berupa akal itu di gunakan untuk memproleh keinginannya dengan cara menipu dan siasat muslihat. 

4. Sifat rabbaniah(sifat ketuhanan), maka ketika terhimpun di dalam diri manusia sifat rabbaniah maka timbullah keinginan ingin berkuasa, mencari ketingian di sisi manusia dan ingin mengatahui semua ilmu. 
 
Allah swt berfirman di dalam menceritakan perkataan Nabi Yusuf as tentang bahayanya hawa nafsu

وَمَاأُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لَلأَمَّارَةٌباِلسُّوْءِ إِلَّامَارَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

    “Dan aku tidak membersihkan nafsuku karena sesungguhnya nafsu itu sangat menginginkan kepada kejelikan kecuali orang yang mendapat rahmat tuhanku sesungguhnya tuhanku maha pengampun dan maha penyayang.”(Yusuf:53) 

وَأَمَّامَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الهَوَى فَإِنَّ الجَنَّةَ هِيَ الَمأْوَى

    “Dan adapun orang yang takut terhadap kedudukannya di hadapan tuhannya dan dia menahan dirinya dari maksiat dan suatu yang haram maka Surga tempat tingalnya.”(An Nazi’at:41) 

Sabda Nabi saw

أَلَاوَإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَاصَلُحَتْ صَلُحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَالجَسَدُ كُلُّهُ أَلَاوَهِيَ القَلْبُ (رواه البخاري)

    “Ketahuilah bahwa sesungguhnya di dalam jasad manusia ada segumpal darah apabila dia baik maka baiklah seluruh jasad dan apa bila dia rusak maka rusaklah seluruh jasad ketahuilah bahwa itu”  
Post a Comment

Post a Comment