9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Sekilas Biografi KH. Muhammad Tohir Singosari Malang


PUTRA TERBAIK BANGIL MENJADI ULAMA' MASHUR DI KOTA SINGOSARI MALANG

    Beliau bernama Kh M Tohir kelahiran kota Bangil, tepatnya di desa suko mangu Bendo mungal Bangil, Kh M Tohir Adalah salah satu santri Hb Abdullah bin Ali Al Hadad Sangeng Bangil.

    Sejak tahun 1903 M, cahaya kota Bangil di terangi oleh ilmu dan ahlaqnya para Ulama', hampir di setiap sudut kampung yang berada di kota Bangil terdapat Ulama' Khumul yang tidak  ingin di kenal oleh penduduk Bumi melainkan semata mata Mereka di kenal oleh penduduk langit yang di cintai oleh Allah  dan Rasullah Muhammad Saw.

    itulah sebabnya sejak dulu hingga sekarang bisa di lihat dengan kasat mata, para Ulama' dan Santri terus berdatangan ke kota Bangil, kemudian para santri yang berasal dari Bangil menyebarkan ilmu agama Islam Ahlu sunnah wal jama'ah ke seluruh bumi Nusantara.

    Di antara nama Ulama' Bangil pada tahun 1903 M di antaranya Hb Abdullah bin Ali Al Hadad Sangeng, Hb Muhammad bin jakfar Al Hadad dawur, Hb Ahmad Al Muhdhar, Hb Alwi bin Muhammad Al Hadad, Hb Ali bin Abdurahman Al Habsyi, Hb Ahmad bin Muhsin Al Hadar kersikan Bangil,  Hb Husin Bin Muhammad bin Tohir al Hadad, Hb Abu Bakar bin Husin Asegaf,  Hb Ali Bin Syeh Abubakar, Kh Asyik Canga'an desa Gempeng Bangil, Kh Mas Zayadi Kauman, Kh Masduqi kauman, kh, Hasan Muhdhar Gondang Bendomungal,  Kh Munawar Kauman dawur Bangil, kyai Husain Kauman Bangil,  Syeh Jalal kauman ketempen Bangil, Kh M Tohir bendomungal Bangil, Kh Abu Hasan Timur Alun, Kh Bajuri kidul Dalem, Kh Suyuti Pandean, KH Rofii kandang sapi, dll
Al hasil kota Bangil banyak sekali Ulama' Ahlu Sunah wal Jamaah laksana cahaya Matahari di bumi Indonesia.

    Dari Merekalah bermunculan Ulama' dan ponpes di berbagai daerah di Indonesia.
Salah satu contoh putra asli Bangil adalah Kh M Tohir, Beliau meninggalkan kota Bangil karena memperistri putri Kh Chamimudin sebagai pengawal setia pangeran di ponegoro dan Kh M Tohir berdakwa di kota Singosari.

    Di Singosari itulah Kh M Tohir dari Bangil, menjadi Ulama' Mashur, karena beliau sebagai satu satunya Ulama' yang pertama kali membangun pondok pesantren salaf Bungkuk yang merupakan pondok pesantren salaf tertua di wilayah Malang Raya.

    kemudian dari pondok tersebut banyak menghasilkan santri santri terbaik, salah satu di antaranya  adalah Kh Tolhah Hasan yang perna menjadi Rektor Unisma. Malang.

    Dengan demikian, patut kita teladani perjalanan dan perjuangan Kh M Tohir yang dapat menciptakan generasi berikutnya sebagai Alim Ulama' yang di banggakan oleh Nabi Muhammad Saw..
Berkat dakwa Kh M Tohir melalui pondok tersebut, ajaran Islam Ahlu Sunah Wal Jamaah tersrbar ke seluruh kota Malang raya.

    Artikel ini bersumber dari tulisan facebook Fanlie, tanpa mengubah sedikitpun dari tulisan tersebut. Penulis ini memiliki nama asli Abdul Basyir, yang biasa menjadi pembawa acara kegiatan ke agamaan di Kota Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.
Post a Comment

Post a Comment