9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Cara Jama' Taqdim Sholat Jum'at ke sholat ashar


    
Mungkin para pembaca sudah mengetahui bagaimana cara menjamak Taqdim sholat Zuhur ke Ashar, lalu Bagaimanakah cara menjamak Taqdim Sholat Jum'at ke sholat ashar.

    Ketika sedang melakukan perjalanan musafir setelah sholat subuh, maka seseorang diharuskan untuk melakukan sholat Jumat di dalam perjalanannya, karena dia berangkat setelah sholat subuh, sedangkan untuk orang yang berangkat musafir sebelum salat subuh maka dia tidak diwajibkan untuk melaksanakan salat fardu Jumat.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Dia ikut salat Jumat dan berniat menjamak takdim shlat Jumatnya ke shlat ashar dengan niat sebagai berikut:

أُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا بِالْعَصْرِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءُ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

    Atau di dalam hati: aku berniat salat fardu Jumat dua rakaat digabung dengan sholat asar menghadap kiblat fardhu mengikut imam karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

2. Setelah selesai salat Jumat maka dia langsung berdiri untuk melaksanakan salat asar dengan niat sebagai berikut: 

أُصَلِّيْ فَرْضَ الْعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ الْجُمُعَةُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

    Atau di dalam hati: sahajaku salat fardhu Ashar (4 rakaat / Maqshuratan) digabungkan kepada sholat Jumat menghadap kiblat fardhu karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

    Catatan: jika anda melaksanakan jamak qashar, maka kalimat أَرْبَعَ  atau 4 rakaat diganti dengan kalimat Maqshuratan. Jika ada kesalahan silahkan tulis di kolom komentar, jazakallahu khair.
Post a Comment

Post a Comment