9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Kandungan Kifayatul atqiyaa karya Syekh Zainuddin bin ‘Ali Al-Ma’bari

       Kifayatul atqiyaa’ adalah diantara karya Sayyid Abu Bakar bin Muhammad  Syatha Ad-Dimyathi As-Syafi’i ( 1226 H – 1310 H ) atau yang dikenal dengan Sayyid Bakri Syatha. Lahir di Makkah, pernah mengajar di masjidil Haram pada abad ke-14 H.

        Seorang ‘Ulama yang terkenal dijagad ilmu agama menguasai berbagai macam ilmu seperti ; Tafsir, Hadits, Fiqih, dan Tasawwuf. Beliau sangat giat dan bersungguh – sungguh dalam menuntut ilmu, di usia tujuh tahun sudah hafal Al-Qur’an, juga beberapa matan seperti ;Nahu, balaghah, faroidh, dan fiqih Imam As- Syafi’i. 
Beliau murid dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, dengannya lah beliau mempelajari kitab yang beliu hafal. 

      Banyak karya – karyanya , diantaranya “Ad-duror Al-Bahiyyah fiima yalzamu al-mukallaf min al-uluumi As-Syar’iyyah”,  “ Jawazul ‘amal biqoulil qodiim Li Al-Imam As-Syafi’I fii Sihhati Al-Jumu’ah”, “Hasyiah ‘ala tuhfatil muhtaaj”,  “Hasyiah ‘ala ‘umdatil Abraar fii ahkaam Al-Hajj wa Al-I’timaar”  yang paling populer dikalangan Nusantara adalah kitab I’anatuttholibin” dan masih banyak lagi karya – karyanya. 

       Murid – murid beliau ada yang berasal dari Melayu, Pakistan, India dan sebagian besar Makkah dan Madinah. Murid beliau yang  ada di Nusantara Syekh Aman Al-Khotib Palembang dan Syekh Mahfudz Termas.  

  Kitab ini adalah syarah qosidah yang berjudul “ Hidayatul adzkiyaa’ ila thoriqil auliyaa’ “ karya Syekh Zainuddin bin ‘Ali Al-Ma’bari Al- Malibari As-Syafi’I ( kakek dari pengarang kitab Fathul Mu’in ) yang menjelaskan tentang tasawwuf. Syekh Bakri Syatha mensyarahkan qosidah tersebut dan juga menjelaskan I’rob dari qosidah itu.

        Tidak sedikit beliau menyertakan Hadits didalam kitab ini, juga mengumpulkan perkatan para ‘ulama yang sholeh dan mengenal Allah SWT, diantaranya perkataan Imam Al- Ghazali didalam Kitab “Ihya ‘Ulumiddin” dan Imam Al- Habib Abdullah bin ‘Alwi Al-Haddad dalam kitab “Nashaa’ih Ad-diniyyah”.

      Kifayatul ‘atqiyaa adalah : Kitab yang men-syarahkan qosidah yang berjudul “ Hidayatul adzkiyaa’ ila thoriqil auliyaa’ “ karya Syekh Zainuddin bin ‘Ali Al-Ma’bari Al- Malibari As-Syafi’I ( kakek dari pengarang kitab Fathul Mu’in ) yang menjelaskan tentang ilmu tasawwuf ( ilmu-ilmu sufi )
Post a Comment

Post a Comment