9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Tradisi Lompat Batu Nias, Kebiasaan Unik dan Simbol Kebanggaan

Tradisi Lompat Batu Nias, Kebiasaan Unik dan Simbol Kebanggaan


GoresanNews - Tradisi lompat batu Nias merupakan salah satu kebiasaan unik dari masyarakat pulau Nias Sumatera Utara, tradisi ini hanya dilakukan oleh laki-laki karena beresiko dan berbahaya bagi perempuan. 

Tradisi lompat batu Nias oleh masyarakat setempat dikenal dengan istilah hombo batu atau pahombo batu yang sudah disusun setinggi 2 meter harus dilompati oleh semua pemuda Nias yang sudah dianggap dewasa dan hal ini menjadi daya tarik pengunjung jika berkunjung ke Nias.

Pada zaman dulu atraksi fahombo tidak hanya memberikan kebanggaan bagi pemuda Nias tetapi juga untuk keluarga mereka, anggota keluarga yang sukses melewati fahombo akan mengadakan pesta besar sebagai bentuk rasa syukur dan keberanian anggota keluarga dalam menghadapi rintangan dan siap untuk maju ke medan perang.

Setiap peserta yang melompat tidak boleh menyentuh bagian atas batu dari fahombo jika menyentuh maka peserta dianggap gagal dan kembali mengantri untuk mencoba kesempatan berikutnya, kini tradisi lompat batu bukan untuk persiapan perang antar suku atau antar desa tetapi sebagai ritual dan simbol budaya orang Nias. 

Tradisi ini menjadi atraksi budaya untuk mengisi acara adat dan kebudayaan dari masyarakat Nias serta untuk menyemarakkan acara pernikahan dari salah satu masyarakat Nias. 

Post a Comment

Post a Comment