9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Makna dari Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Tradisi Rasulan Pasca panen


GoresanNews.com - Pernahkah kalian pergi ke Gunungkidul? Gunungkidul itu terletak di provinsi Yogyakarta lebihlah Palace sudah pernah ke sana ya pernah ke Gunungkidul letaknya tinggi ya kalau ke dari Jogja Dari pusat keramaian itu masih jauh sekitar beberapa kilometer lagi untuk naik ke Gunung Kidul. Tradisi rasulan itu sebenarnya bersih Dusun ya biasa disebut bersih Dusun juga dilakukan ketika petani itu masa panen. Jadi kalau sudah panen selesai maka tradisi itu akan dilakukan. 

Nah tradisi rasulan itu dilakukan beberapa hari bukan sehari dengan rangkaian-rangkaian dan kegiatan yang sudah ditentukan, misalnya rangkaian pertama diawali dengan kerja bakti membersihkan lingkungan ,bergotong-royong memperbaiki Jalan, membuat mengecat pagar pekarangan serta pembersihan area pemakaman. 

Kemudian kegiatan berikutnya itu ada kegiatan olahraga dan pertunjukan seni budaya, senibudaya itu misalnya Jathilan wayang kulit kemudian Riau yang tidak tangan dari Ponorogo, acara selanjutnya itu kirab nah kira itu semacam karnaval atau arak-arakan ya yang mengelilingi Desa. 

Disitu kerap membawa hasil panen tumpeng kemudian pisang jagung padi sayur mayur dan hasil panen lainnya nah di akhiran dilakukan acara doa bersama ya di balai Dusun mereka berdoa memohon ketentraman dan keselamatan seluruh warga disitu nah tradisi ini adalah aset budaya yang harus dipertahankan. 

Tradisi ini melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong-royong sehingga menjaga keharmonisan rakyat di daerah Gunungkidul itu. 

Post a Comment

Post a Comment