9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

30 Contoh Idgham Bilagunnah dan Penjelasan Lengkap!

Contoh Idgham bilagunnah


GoresanNews- Idgham bilagunnah adalah salah satu hukum tajwid dalam membaca Al-Quran. Hukum ini terjadi ketika dua huruf yang berbeda dalam bahasa Arab bertemu dalam satu kata dan diucapkan tanpa adanya bunyi atau jeda antara keduanya. Huruf pertama pada kata tersebut akan digabungkan atau disuarakan dengan huruf kedua sehingga terdengar hanya satu suara atau satu huruf.

Contohnya, ketika membaca kata "قُرْآنٌ" (qur'an), huruf "ر" dan "آ" pada kata tersebut adalah huruf yang berbeda. Namun, karena keduanya bertemu dalam satu kata, maka dibaca dengan menggabungkan atau menyerap huruf "ر" ke dalam huruf "آ", sehingga diucapkan sebagai satu suara atau satu huruf yang panjang.

Hukum Idgham bilagunnah terdiri dari 15 huruf yang jika bertemu dengan huruf apa pun, maka harus dilakukan penggabungan atau penyerapan suara. Kelima belas huruf tersebut adalah: ب, ج, د, ط, ت, ث, ج, خ, ذ, ز, س, ش, ص, ض, dan ظ. Namun, hukum Idgham bilagunnah ini tidak berlaku jika huruf setelahnya adalah huruf berikutnya dalam alif-ba-ta-tsa.


Penerapan hukum Idgham bilagunnah yang benar dalam membaca Al-Quran sangat penting untuk memastikan pengucapan yang baik dan benar serta memahami makna yang terkandung dalam Al-Quran dengan tepat.

Berikut adalah 30 contoh Idgham bilagunnah:

1. قُرْآنٌ

2. جَمِيلٌ

3. قَدِيمٌ

4. زَلْزَلَةٌ

5. بِجَانِبِ

6. مُحَمَّدٌ

7. رَحِيمٌ

8. صَدِيقٌ

9. قَوْمٌ

10. مَدِينَةٌ

11. مُتَّكِئًا

12. سُكُونٌ

13. Ungkap

14. بِسَبَبِ

15. كَتِيبٌ

16. عَالِمٌ

17. جَبَلٌ

18. تَوْبَةٌ

19. فَطِيرٌ

20. وَحِيدٌ

21. مَرِيضٌ

22. مُتَوَحِّشٌ

23. فَتَاةٌ

24. شَمْسٌ

25. شَرِيفٌ

26. غُرْبَةٌ

27. خَالٍ

28. كَرِيمٌ

29. قُرْبَةٌ

30. مُتَوَسِّطٌ

Dalam setiap contoh di atas, huruf pertama dan kedua pada kata tersebut diucapkan tanpa adanya bunyi atau jeda antara keduanya, sesuai dengan hukum Idgham bilagunnah.

Post a Comment

Post a Comment