9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Perbedaan Sholat Malam dan Tahajjud serta kaitannya dengan orang Sholeh


    
Sholat malam dengan sholat Tahajjud memiliki perbedaan walaupun hakikatnya sama. Sholat malam adalah sholat yang dilakukan di pertengahan malam tanpa adanya aktifitas tidur sebelumnya. Sedangkan tahajjud adalah sholat yang dilakukan setelah adanya aktifitas di malam hari.

    Orang sholeh selalu melakukan ibadah sholat dimalam hari, baik itu sholat tahajjud ataupun sholat malam, karena begitu agungnya waktu di pertengahan malam, maka mereka melakukan ibadah sholat, karena sholat di malam hari adalah sebaik – sebaik ibadah sholat, setelah sholat fardhu, sesuai hadits baginda Nabi Muhammad Saw: “sebaik – baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam”
 Dan juga Rasulullah Saw bersabda:

قال أيها الناس أفشوا السلام وأطعموا الطعام وصلوا والناس نيام تدخلوا الجنة بسلام قال أبو عيسى هذا حديث صحيح.

    Artinya: "Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan dan laksanakanlah shalat pada saat manusia tertidur nisacaya kalian masuk surga dengan selamat." Abu Isa berkata: Hadits ini shahih.

         Lihat betapa besarnya ke agungan orang yang melaksanakan sholat di malam hari, maka seorang yang sholeh tentu akan melaksanakan dan menggunakan waktunya di malam sebaik – baik mungkin agar bisa mendekatkan kedudukan mereka di sisi Allah Swt.

Trik agar bisa bangun dan Sholat tahajjud di malam hari


    Imam Abdullah Bin Alwi Al Hadda di dalam kitabnya Nashoihuddiniyah, menjelaskan bagaimana cara agar seseorang bisa bangun dan beribadah di malam hari:

1. Tidak melakukan kemaksiatan di siang hari.
 
    karena ibadah malam adalah suatu ibadah khusus yang bisa dilakukan oleh orang pilihan saja, yang tentu untuk masuk kedalam golongan tersebut kita harus menjaga diri berbagai maksiat di siang hari.

2. mempercepat tidur malam. 

    Agar seseorang yang ingin melakukan ibadah di malam hari tidur dengan cepat, hal tersebut akan mempermudah dia bangun di pertengan malam.

3. Mempersedikit makan di malam hari. 

    Dengan sedikit mengosongkan perutnya maka seseorang akan mudah bangun di pertengan malam. Selain tiga hal diatas, bagi seseorang yang ingin melaksanakan sholat di malam hari agar memasang alarm , ataupun berpesan kepada orang lain agar dibangunkan di malam hari.

    Didalam kitab karangan Imam Syaroni, Nabi Sulaiman berpesan kepada anaknya Nabi Daud: “Wahai anakku janganlah engkau tidur dimalam hari, karena orang yang tidur dimalam hari kelak akan datang dalam keadaan rugi, dari berbagai macam kebaikan.

    Masih didalam kitab yang sama, Nabi Daud As, menerima wahyu dari Allah Swt: “Wahai Daud telah berbohong orang yang berkata cinta kepadaku, akan tetapi dia tidur di malam hari”.

    Bahkan di antara mereka ada yang gelisah Ketika waktu fajar mulai tiba, karena begitu ni’matnya waktu tersebut, sebab waktu tersebut adalah waktu yang damai dan senyap dari berbagai macam urusan dunia. Sedangkan waktu siang adalah waktunya manusia melakukan berbagai macam kegiatan dan muamalah.

    Imam Sufyan Tsauri dari beberapa Riwayat di sebutkan, jika beliau Ketika waktu malam hari makan dengan banyak, maka dia akan beribadah semalam suntuk dan mengatakan kepada dirinya: Sesungguhnya jika keledai di tambah asupan makannya, maka dia akan bertambah juga kerjanya. 
Post a Comment

Post a Comment