9jqevJBodSbbMfiMLP15Z2iuLHJ07dWxMRgBhW0R
Bookmark

Pujian Para Ulama Terhadap Kitab Nasaihuddiniyah

 

   
Kitab an-Nasaih ad-Diniyyah yang dikarang al-Habib Abdullah bin ‘Alwi al-Haddad banyak Para Ulama memujinya karna keutamaan-keutamaan yang terdapat di dalamnya, di antaranya:

1. As-Sayyid al-Imam Ahmad bin Zein al-Habsyi mengatakan bahwa kitab an-Nashaih ad-Diniyyah tidak ada bandingannya, dan tidak ada yang lebih bermanfaat bagi orang-orang khusus (golongan penuntut ilmu, terpelajar) dan orang-orang awam, betapa banyak Allah swt memberi manfaat kepada manusia dengan kitab ini, dan aku menyangka sesugguhnya aku telah membaca kitab an-Nashaih ad-diniyyah dan telah dibacakan kepadaku dan aku mendengarnya terhadap guruku kira-kira 100x. 

2. Sebagian Ulama al-Harmain manakala mengetahui kitab an-Nashaih ad-Diniyyah mengatakan bahwa kitab ini merupakan ‘ainul ihya (sumber kehidupan). 

3. Saiduna al-Imam Muhammad bin Zein bin Smith berkata: suatu keharusan bagi kita membaca kitab-kitab yang bermanfaat dan tidak ada yang paling bermanfaat dan paling unggul dari pada kitab-kitab maulana al-Habib Abdullah al-Haddad, terutama kitab an-Nashaih dan kitab ad-Da’wah dan kitab ad-Diwan, maka yang demikian itu harus bagi kita membacanya agar engkau selamat insya Allah (jika Allah swt menghendaki) dari pada bahaya-bahaya dan semoga Allah swt mengangkatmu ke derajat yang tinggi. 

4. Sayyid al-Fadhil ‘Agil ba ‘Agil beliau berkata: aku pernah berhaji pada suatu tahun dan pada tahun itu Mufti Syam pergi berhaji, orang-orang penduduk Mekah keluar dan pergi menuju sekitar beliau dan orang-orang berkumpul kepadanya di Mekah yang mulia, aku mendatanginya di kumpulan mereka yang pertama kalinya aku dengar adalah Mufti Syam itu berkata: tidak ada di muka bumi ini yang lebih alim dari pada as-Sayyid Abdullah al-Haddad yang mana beliau memiliki kitab an-Nashaih, kitab itu sangat agung nilainya dan tidak ada penuntut ilmu di tempat kami kecuali ia memiliki kitab tersebut. 

    Dari penjelasan yang telah diuraikan dapat kita simpulkan bahwa al-Habib Abdullah bin ‘Alwi al-Haddad adalah seseorang yang luas ilmunya, gemar beribadah dan tinggi mujahadahnya, mempunyai akhlak dan budi pekerti sebagaimana nabi Muhammad saw, dicitai dan diakui para ulama sebab kemuliaannya. Al-Habib Abdullah bin ‘Alwi al-Haddad memiliki karya-karya yang bermanfaat, diantara karya beliau adalah kitab an-Nashaih ad-Diniyyah.

     Kitab an-Nashaih ad-Diniyyah adalah kitab yang menuangkan didalamnya berkaitan dengan aqidah, hukum, keluhuran budi pekerti dan akhlak terpuji yang harus kita teladani. Kitab an-Nashaih ad-Diniyyah banyak mempunyai keunggulan, dan mempunyai pendekatan tasawuf akhlaki dan tasawuf fiqih. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan melalui tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiiin ya rabbil ‘alamin.

Post a Comment

Post a Comment